Friday, January 19, 2018

Remember to always use a bow-stringer

Bow stringer adalah alat bantu buat masang string, bentuknya kayak gambar di bawah ini. Bahan ujungnya ada yang plastik, kain tebel, dan ada juga yang kulit, plus tali prusik/paracord atau string lain.
Selain untuk menjaga keamanan diri kita dari potensi bahaya dari kegiatan pasang-lepas string, penggunaan bow-stringer juga disarankan agar limbs kita bisa lebih panjang usianya terutama atas kerusakan melintir atau twist yg sering terjadi. 

Kegiatan pasang-lepas string dengan kaki, atau tehnik lain tanpa bow-stringer mengakibatkan tekanan yg di alami limbs dari kegiatan tsb tidak rata. Satu bagian limbs didorong sedemikian rupa, sedangkan bagian lainnya tetap menahan.
Penggunaan bow-stringer memungkinkan adanya tarikan atau beban yg merata pada kedua limbs saat memasang dan melepas string

Penggunaan bow-stringer ini cocok banget buat pemula atau buat masang string ke bow/busur yang draw weightnya tinggi. Penggunaan bow stringer juga direkomendasikan sama produsen limbs karena aman dari kemungkinan limb twist/bengkok atau lecet. Karena itu salah satu syarat dari garansi limbs adalah harus memasang string dengan bow stringer

Bow stringer ada 2 macam. Gunanya menutupi limb nock dengan string sepenuhnya, biasa disebut pocket. Ujung yang bersandar di ujung limb nock saja disebut small pocket. Atau ada juga tipe yang menyangkut di bagian limb yang agak ke tengah, biasa disebut saddle.

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *